Selasa, 19 September 2017

Pembelajaran Dinamis dan Kekuatan Sikap Positif

Pembelajaran Dinamis dimulai dengan kekuatan berpikir positif. Ini adalah ide sederhana yang tidak mudah dilakukan. Untuk memiliki sikap mental positif (PMA) seseorang harus melakukan banyak pencarian jiwa. Kita harus membersihkan rasa bersalah dan penyesalan. Selama artikel ini saya membahas gagasan PMA beserta beberapa langkah bagaimana mengembangkan PMA pribadi Anda.
baca juga : portal guru pembelajar online

Saya akan meminta Anda untuk sesuatu yang sangat aneh sekarang. Pertama-tama, saya ingin Anda mendengarkan pemikiran Anda. Sekarang katakan padaku, pikiran apa yang mengisi kepalamu? Maukah Anda memberi label mereka sebagai positif, atau negatif?

Sekarang katakanlah Anda berjalan di jalan dengan pikiran Anda sendiri. Apa menurutmu ada orang yang bisa menemuimu untuk bisa memberitahumu apa yang ada dalam pikiranmu?

Saya menduga bahwa kebanyakan orang memancarkan pikiran batin mereka. Bahasa tubuh, ekspresi wajah, bahkan kecepatan Anda adalah petunjuk bagi orang untuk membedah. Sementara banyak orang tidak bisa mengatakan dengan tepat apa pendapat Anda sebagai guru elektronika, mereka mungkin memiliki perasaan akan sikap dasar Anda.

Inilah pertanyaan lain. Saat Anda memasuki pesta yang penuh dengan teman, apakah mereka semua terdiam seolah ada sesuatu yang mengerikan yang terjadi? Atau apakah semua orang di sana bergairah seolah menunggu sesuatu yang seru terjadi? Bagaimana bila seorang guru masuk ke sebuah ruangan? Kapan bel pemberhentian berdering pada hari Jumat?

Jika Anda belum menemukannya, seringkali sangat mudah untuk mengetahui sikap orang dalam situasi apa pun. Pikiran Anda sangat kuat. Mereka mempengaruhi sikap umum Anda. Sikap yang Anda lakukan mencerminkan penampilan Anda kecuali, tentu saja, Anda adalah aktor hebat.

Kunci

Sikap Anda sepenuhnya tergantung pada Anda. Bisa positif atau negatif tapi tidak pernah netral. Pikiran batin Anda adalah kunci dari sikap eksternal Anda. Pikiran-pikiran itu berbalik keluar seperti cara Anda berjalan, berbicara, dan bahkan melihat.

Pemikiran positif tercermin dalam penampilan Anda. Terlihat bahagia, tertawa, semarak, dan sejenisnya adalah semua refleksi dari PMA. Pikiran negatif memikat kekuatan dan kekuatan orang-orang di sekitar Anda. Pergilah ke pemakaman untuk melihat efek pemikiran negatif atau konser untuk melihat efek PMA.

Jelas energi positif itu menarik sementara energi negatif mengusir orang lain. Saya pernah bekerja di sebuah sekolah dimana para guru menjadi kelompok yang hidup dan positif. Pada rapat fakultas, saat kepala sekolah masuk ke ruangan, sebuah pall mendekati kami. Seolah-olah kepala sekolah mencabut kegembiraan di luar ruangan.

Manfaat PMA

Kita semua memiliki banyak keuntungan dari sikap mental positif. Studi telah menunjukkan, misalnya, bahwa sikap positif mendorong kesehatan yang lebih baik. Orang dengan PMA cenderung memiliki lebih banyak teman. Selain itu, memiliki PMA sering berarti kurang stres dalam hidup.

Mengembangkan PMA dimulai dengan harga diri, citra diri positif itu yang sering dibicarakan di sekolah. Ada satu trik untuk mengembangkan harga diri. Lakukan hal-hal yang dapat diperkirakan. Memenuhi harapan, luangkan waktu untuk melampaui perkiraan minimum. Pergilah dari Anda untuk membantu orang lain. Singkatnya, buatlah keputusan untuk mengambil rasa tanggung jawab atas tindakan Anda.

Sikap negatif sering dimulai karena orang merasa diremehkan. Sesuatu terjadi di rumah atau di taman bermain yang Anda percaya adalah kesalahan orang lain. Anda menyalahkan yang lain atas kemalangan Anda. Anda memutuskan untuk bertindak secara negatif. Singkatnya, Anda membuat keputusan untuk menunjukkan jari pada orang lain tanpa menyadari bahwa saat Anda melakukannya, tiga jari menunjuk ke arah Anda.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dari setiap 14 hal yang dikatakan orang tua kepada anak-anak mereka, hanya satu yang positif. Ini berarti bahwa hanya sedikit lebih dari 7% pembicaraan yang didengar anak di rumah adalah positif. Saya belum menemukan penelitian seperti ini untuk sekolah, tapi jika saya harus menebak, saya akan berpikir bahwa kurang dari 7% akan positif. Ini berarti bahwa sebagian besar dari apa yang didengar adalah negatif.

Dengan rasio itu, bagaimana seseorang mengembangkan sikap positif. Jawabannya sederhana. Seseorang membuat keputusan untuk mengabaikan 93% dan berkonsentrasi pada 7%. Meski sederhana, itu tidak mudah. Butuh waktu dan usaha untuk belajar bagaimana mengabaikan begitu banyak pemikiran negatif, banyak penolakan yang dialami seseorang.

Ada kelemahan serius dari mencoba melakukan pekerjaan terlalu cepat. Seseorang bisa memutuskan untuk hanya bersenang-senang, menceritakan lelucon, membuat orang lain tertawa. Tapi jika hanya itu yang Anda putuskan, Anda menjadi badut saja. Untuk pasangan eksternal dengan internal seseorang juga harus memutuskan untuk bertanggung jawab atas tindakan seseorang. Singkatnya, untuk melakukan hal-hal yang bisa diperkirakan orang-orang di sekitar Anda saat masih memutuskan bahwa hidup itu harus dinikmati.

Bahkan yang terbaik dari kita pun bisa menjaga sikap positif sepanjang waktu. Ada kalanya seseorang sedih. Hal mengerikan terjadi di dunia, hal-hal yang tidak menyenangkan. Tornado, angin ribut, orang-orang atau hewan peliharaan sekarat, perang dan sejenisnya tidak dapat dihindari. Mereka bisa, dan sering kali, membuat banyak orang sedih. Dengan PMA asli, seseorang dapat mengambil acara ini dengan tenang, belajar melepaskan acara itu sendiri sambil berkonsentrasi pada bagaimana membuat peran mereka menjadi positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar